Breaking News

Mengenal E-Commerce: Platform Bisnis Online yang Menguntungkan

lGBOA.com-Mengenal E-Commerce: Platform Bisnis Online yang Menguntungkan

ecommerce Bisnis Online
Sumber : Pixabay

Pengertian E-Commerce

E-commerce, singkatan dari elektronik commerce, adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan aktivitas penjualan barang dan jasa melalui internet atau jaringan komputer. Dalam hal ini, seluruh proses dilakukan secara online, mulai dari pemesanan hingga pembayaran. Salah satu dari beberapa Platform Bisnis Online Menguntungkan tersebut berbentuk E-commerce.

E-commerce dapat membantu perusahaan untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas, mengurangi biaya operasional dan menjual produk dengan harga yang lebih rendah, sehingga menguntungkan bagi konsumen. Sedangkan bagi penjual, e-commerce membuka kesempatan untuk memasarkan produk lebih efektif, meningkatkan penjualan dan menghemat biaya pemasaran.

Keuntungan dari E-Commerce

Penggunaan website e-commerce sebagai Platform Bisnis Online yang Menguntungkan dilihat dari berbagai aspek, seperti:

  1. Lebih Mudah dan Cepat
    Dengan e-commerce, pelanggan bisa memesan produk dengan cepat dan mudah, tanpa harus keluar rumah atau menghabiskan waktu berjam-jam di toko. Selain itu, pengiriman produk juga bisa dilakukan dengan cepat dan efektif, terutama jika perusahaan menggunakan jasa logistik yang baik.
  2. Meningkatkan Penjualan
    Dengan website e-commerce, perusahaan bisa menjangkau pelanggan yang lebih banyak, bahkan hingga ke luar negeri, yang tidak dimiliki oleh toko fisik. Selain itu, perusahaan juga bisa menawarkan produk baru dan promosi yang menarik, sehingga membuat pelanggan tertarik dan menghasilkan penjualan yang lebih tinggi.
  3. Lebih Efisien dan Menghemat Biaya
    Dengan website e-commerce, perusahaan bisa mengurangi biaya operasional seperti sewa toko, listrik, dan biaya keamanan. Selain itu, pengelolaan stok dan inventaris juga bisa dilakukan dengan lebih efisien sehingga menghemat biaya.
  4. Memperluas Pasar
    Dengan e-commerce, perusahaan bisa memperluas pasar ke seluruh dunia, tanpa harus membuka toko fisik di setiap negara. Hal ini tentunya dapat membuka peluang bisnis baru dan meningkatkan potensi keuntungan perusahaan.
  5. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan
    Dengan e-commerce, pelanggan bisa membaca ulasan dari pengguna lain sebelum memutuskan membeli suatu produk. Selain itu, informasi produk dan harga juga jelas dan transparan, sehingga membuat pelanggan lebih percaya dan cenderung membeli produk di website yang telah dipercayai.
  6. 24/7 Customer Service
    Dengan website e-commerce yang selalu online, perusahaan bisa memberikan layanan pelanggan 24/7 tanpa batas waktu dan lokasi. Pelanggan bisa memperoleh informasi dan bantuan kapan saja dan di mana saja, sehingga bisa meningkatkan kepuasan pelanggan dan membuat pelanggan merasa dihargai.
See also  Kimia Farma Online Shop: Kemudahan Berbelanja Kesehatan dari Rumah

Platform E-Commerce yang Paling Diminati

Ada beberapa platform e-commerce yang populer di Indonesia yang dapat digunakan untuk membuka toko online, di antaranya:

  1. Lazada
    Lazada merupakan yang terbesar di Asia Tenggara yang menyediakan layanan pembelian dan penjualan produk secara online. Platform e-commerce ini menawarkan fitur-fitur unggulan seperti Layanan Jaminan Kualitas, Percakapan Langsung Pelanggan, serta gratis ongkos kirim dan juga dalam memudahkan penjualan barang-barang tertentu dengan program Lazada Express, melalui layanan ekspedisi bekerja sama dengan Go-Jek.
  2. Tokopedia
    Menjadi salah satu platform e-commerce yang populer di Indonesia, Tokopedia yang fokus pada client mereka yang menjajakan produk berupa jasa ataupun barang, memungkinkan developer untuk membangun aplikasi di atas platformnya melalui API, dan juga telah mengaktifkan fitur Chat pada aplikasinya.
  3. Bukalapak
    Bukalapak sama populer dengan Tokopedia, yang juga menghubungkan para penjual dengan pembeli. Ciri khas Bukalapak adalah “BukaDompet”, sistem pembayaran internal yang mereka sediakan untuk memfasilitasi transaksi dan pembayaran via Bukalapak Sendiri.
  4. Shopee
    Shopee juga platform e-commerce yang  fokus pada merchant, membuka pasar untuk penjual besar, pengusaha kecil, dan individu. Platform ini sering mengadakan penawaran pada merchant, dengan menggunakan promo diskon pada setiap transaksi yang dilakukan.
  5. Toko Online Sendiri
    Saat ini, banyak bisnis kecil dan menengah (UKM) membuka toko online sendiri dan berjualan langsung melalui website mereka, sehingga tidak perlu membagi penghasilan dengan platform e-commerce besar.

Cara Memulai Bisnis E-Commerce

Berikut adalah cara mudah untuk memulai bisnis e-commerce:

  1. Mempelajari Pasar
    Sebelum memutuskan apa yang ingin dijual, pelajari terlebih dahulu tentang pasar yang akan dilayani. Pelajari tren dan kebutuhan konsumen, serta saingan e-commerce.
  2. Mempersiapkan Produk dan Katalog
    Siapkan produk dan katalog dalam kualitas dan harga terbaik, sehingga bisa bersaing di pasar yang persaingannya ketat. Pastikan juga memiliki stok yang cukup untuk memenuhi permintaan pelanggan.
  3. Mendesain Website E-Commerce
    Website e-commerce harus memiliki tampilan yang menarik dan mudah dinavigasi, serta memudahkan konsumen untuk menemukan produk yang dicari. Pastikan juga website e-commerce terhubung dengan daftar pembelian dan pembayaran.
  4. Memilih Platform E-Commerce
    Pilihlah platform e-commerce yang paling sesuai dengan target pasar dan model bisnis.
  5. Meningkatkan Traffic dan Kepopuleran
    Sebelum peluncuran website e-commerce, mulai memasarkan produk melalui media sosial dan email. Selain itu, jangan lupa menggunakan SEO untuk meningkatkan traffic website.
  6. Menjaga Hubungan dengan Pelanggan
    Dengan memberikan pelayanan yang baik, menjaga harga yang bersaing, dan transparansi dalam transaksi dan pengiriman, hubungan pelanggan dengan merek anda bisa tetap terjaga dengan baik.
See also  5 Usaha Online Shop Terlaris dan Menjanjikan yang Bisa Anda Tekuni!

Kesimpulan

E-commerce adalah platform bisnis online yang menguntungkan secara finansial dan praktis bagi både pelanggan og penjual. Dengan keuntungan yang beragam dan makin banyak pilihan platform yang tersedia, dan dikombinasikan dengan delikatan besok kan omset penjualan semakin bertumbuh.
Oleh karena itu, membuka bisnis online e-commerce sangat lazim bagi pengusaha di tahun sekarang ini. Berdasarkan tips-tips di atas, mulailah membangun bisnis online e-commerce anda, serta danalisa dan pertimbangkan platform mana yang paling sesuai dengan produk dan bisnis anda. Dengan kerja keras dan dedikasi, bisnis e-commerce anda akan sukses dan makin berkembang.

About Yasin

Check Also

Aplikasi Kuis Berhadiah Uang: Kesenangan dan Peluang Menang Besar

lGBOA.com-Aplikasi Kuis Berhadiah Uang: Kesenangan dan Peluang Menang Besar Dalam dunia digital yang penuh dengan …